Salam dari Biji Kopi Nusantara

Halo, sobat ngopi. Pernahkah ketika kalian berkunjung ke sebuah kedai kopi lalu sambil menunggu kopi tersaji kalian sibuk memperhatikan barista meracik kopi pesanan kalian?

Di mata beberapa penikmat kopi, mereka terlihat seperti sedang menari. Mulai dari memanaskan air, menyeduh hingga kopi siap tersaji. Tangan-tangan luwesnya menghasilkan kopi nikmat yang biasa kalian nikmati.

Dulu sebelum kedai kopi merajalela, profesi barista hanya dipandang sebelah mata. Mereka hanya dianggap sebagai tukang kopi layaknya menyeduh kopi instant yang hanya tinggal siram air panas.

Padahal, tanpa keahlian dan pengetahuan, rasa kopi yang diracik bisa saja berbeda dari aslinya. Padahal lagi, dari tangan merekalah kopi yang kalian nikmati memiliki bermacam cita rasa, tak hanya pahit saja.

Saat ini, bisnis kedai kopi sudah melesat. Di setiap sudut kota sobat ngopi bisa dengan mudah menemukan coffee shop.

Dengan pertumbuhan bisnis kedai kopi yang tinggi, maka semakin banyak pula dibutuhkan barista-barista pengracik kopi yang handal.

Keinginan masyarakat untuk menjadi barista pun semakin tinggi hingga akhirnya banyak didirikan sekolah-sekolah barista.

Pada tahun 2017 Dinas Pariwisata dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengukuhkan profesi Barista dan akhirnya profesi ini sudah diakui negara. Barista tak lagi dipandang sebelah mata.

Sama halnya seperti pekerjaan berjenjang lainnya, pekerjaan Barista dimulai dari tingkatan awal yaitu tahap probation, lalu lanjut ke jenjang junior barista, kemudian naik menjadi senior barista.

Dari posisi senior barista, kalian harus memilih diantara dua peminatan yang berbeda, yaitu edukasi dan manajerial. Jika kalian senang untuk berbagi ilmu, maka pilihan Edukasi lah yang tepat untuk kalian.

Sedangkan jika kalian mempunyai keinginan menjadi manager Café atau mungkin ingin membangun bisnis Café, maka pilihlah peminatan Manajerial.

Caswell's Coffee Lab dari Bon Café Indonesia

Ada harga ada kualitas, mungkin inilah kata yang cocok untuk sekolah kopi ini. Dengan biaya yang cukup tinggi, mutu dari sekolah Barista yang berlokasi di Jalan Ampera ini memang tak perlu diragukan lagi.

Caswell’s Coffee Lab ini sudah terakreditasi sejak 1 Desemer 2015 oleh Specialty Coffee Association of America (SCAA) Campus yang tentunya memiliki kerjasama dengan SCAA, yakni asosiasi perdagangan kopi terbesar di dunia.

Pada tahun 2017, PT. Caswells Indonesia berganti nama menjadi PT. Bon Café Indonesia yang tergabung dalam perusahaan Bon Café Group.

Selain ada di Jakarta, BonCafe juga terdapat di Bali tepatnya di Jalan Sunset Road dan baru-baru ini mereka juga open course di Yogyakarta.

Kursus Barista Jakarta

Pelatihan pada Caswell’s Coffee Lab terbagi menjadi dua yaitu Basic Training untuk para pemula dan pelatihan untuk Professional.

Pada Basic Training kalian bisa memilih kelas mana yang kalian minati.

Tersedia empat pilihan kelas pada Basic Training yaitu Basic Cupping, Basic Barista, Advance Cupping dan Quality Grader yang merupakan program khusus untuk kalian yang berminat menjadi seorang cuppersyang ahli menilai kualitas kopi dan karakteristik berbagai macam kopi.

Basic Cupping

Coffee Cupping adalah salah satu quality control tools yang digunakan oleh perusahaan kopi untuk membedah aroma dan rasa yang berbeda dari pilihan kopi.

Sederhananya, ini merupakan proses mengobservasi rasa dari kopi sebelum dinikmati oleh para pecinta kopi.

Kelas ini di pimpin oleh Resianri Triane, seorang quality grader yang telah disertifikasi.

Cupping Class dilaksanakan selama tiga jam dengan mempelajari sejarah dan pengetahuan dasar kopi, cara mendefinisikan rasa dan aroma kopi serta evaluasi sensorik yang mencakup sniffing (menghirup), slurping (menyeruput) dan swallowing (menelan).

Tiga jam di Caswell's Coffee Lab dapat membuatmu menilai cita rasa kopi, tiga jam main sosmed kamu dapat apa?

Basic Barista

Pada kelas ini, Caswell’s Coffee Lab menawarkan pilihan kelas yang diinginkan oleh peserta. Mereka bisa memilih kelas yang dibuka untuk umum atau kelas untuk Private.

Kelas Basic Barista ini dirancang untuk setiap orang, mulai dari pemula hingga barista berpengalaman yang merupakan salah satu unsur untuk membuat espresso yang baik dan menyeduh kopi yang enak.

Basic barista diadakan selama tiga hari dengan total 20 jam training.

Q Grader

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya Q Grader yang merupakan program khusus untuk kalian yang berminat menjadi seorang cuppers yang ahli menilai kualitas kopi dan karakteristik berbagai macam kopi.

Q course ini dirancang, dikelola dan dioperasikan oleh Coffee Quality Institute untuk melahirkan para Coffee Cuppers yang terampil dan berbakat.

Kelas ini dilaksanakan selama enam hari full dengan tiga hari praktek langsung dan tiga hari ujian. Training ini akan dipimpin oleh instruktur Q Grader yang bersertifikat international.

Bagi sobat ngopi yang penasaran dengan biaya training dari kelas barista yang bergengsi ini, berikut daftar paket kelas training Caswell's Coffee Lab:

Basic Cupping,

Durasi : 3 jam
Biaya :Rp 350.000
Deskripsi :Pengetahuan Dasar tentang kopi, merasakan berbagai macam sample kopi, mengevaluasi rasa dengan sederhana.

Basic Barista

Durasi : 3 hari
Biaya : Rp 5.000.000
Deskripsi :Pengetahuan tentang kopi, teknik ekstraksi espresso, workflow management, perawatan dasar mesin.

Advance Cupping

Durasi : 3 hari
Biaya : IDR 5.000.000
Deskripsi :Lanjutan dari Basic Cupping, dan mempelajari lebih dalam tentang prosedur cupping and grading serta melatih skill sensorik.

Q Grader Course

Durasi : 6 hari
Biaya : IDR 17.600.000
Deskripsi : Pelatihan lengkap mulai dari pengetahuan umum tentang kopi dan cupping, triangulasi dan melatih lebih dalam kemampuan sensorik untuk mengenali rasa, aroma dan kualitas bermacam kopi sekaligus sertifikasi.

Biaya sekolah kopi di Caswell's Coffee Lab

5758 Coffee Lab

Kursus Barista Kelas Sensory di Bandung

Bagi sobat ngopi yang tinggal di Bandung tak perlu bersedih dan jauh-jauh ke Jakarta untuk dapat mengikuti kelas barista.

Di Bandung pun terdapat kampus kopi yang ga kalah bergengsi.

Bertempat di Jalan Pinus Raya Barat, Gegerkalong, Bandung, 5758 Coffee merupakan salah satu café yang sangat digandrungi penikmat kopi di sana.

Tempatnya yang cozy dan tidak terlalu ramai, membuat café ini sangat nyaman untuk bersantai atau mungkin mengerjakan deadline.

Kamu dapat menikmati berbagai macam pilihan kopi yang tak perlu diragukan kualitasnya, hasil tangan barista-barista handal di café ini.

Interior lantai dasar dari ruko dua lantai ini didominasi oleh kayu dan warna coklat yang membuat nyaman dan feeling good like I should (nyanyi dulu sikit).

Sementara di lantai dua merupakan kampus kopi yang bersertifikat internasional.

Yupz, berdiri pada Juni 2016, 5758 Coffee Lab merupakan kampus kopi kedua setelah Caswell’s Coffe Lab yang telah disertifikasi oleh SCAA Campus pada 8 September 2016 lalu.

Instruktur di 5758 Coffee Lab ini bukan kaleng-kaleng, mereka adalah para instruktur yang juga memiliki sertifikat Q Grader dari SCAA.

5758 yang dibaca “maju mapan” bertujuan mendorong para pengusaha di bidang kopi untuk menghasilkan produk berkualitas yang dapat memerdekakan para penikmat kopi dan pada akhirnya turut mensejahterakan petani kopi Indonesia.

Untuk pilihan kelas sendiri, 5758 Coffee menyediakan banyak sekali pilihan kelas. Mulai dari Basic Class, Intermediate Class dan Advanced Class.

Sebelumnya sobat ngopi harus menentukan minat kalian lebih dulu, apakah kalian pemula yang masih sangat awam, barista berpengalaman, atau bahkan berminat menjadi seorang Q Grader dengan sertifikat internasional.

Lalu memangnya boleh lompat kelas langsung ke Intermediate atau Advanced? Boleh donk. Akan tetapi ada kelas tertentu yang memang harus diikuti secara bertahap untuk menyamakan persepsi.

Selain itu mereka juga membuka training untuk sobat ngopi yang memiliki rencana untuk membangun bisnis Café atau kedai kopi sederhana.

Dalam training ini sobat ngopi akan diajarkan mulai dari hal paling sederhana mengenai sudut pandang social-ekonomi, membuat simulasi kedai kopi, mengelola persediaan, inventarisasi hingga mengelola keuangan.

Ssstt..Sobat ngopi ga perlu pusing, nih MyCafe punya bocoran biayanya. Tinggal pilih minat yang mana yah!

Basic Class 5758 Coffee Lab

Sensory

Durasi : 3 - 4 jam
Biaya : Rp 350.000
Deskripsi : Membedakan berbagai rasa kopi dan tingkatannya.

Coffee 1 O 1

Durasi : 2 hari
Biaya : Rp   1.750,000
Deskripsi : Pengetahuan dasar, pengenalan cita rasa, pengenalan manual brewing dan espresso.

Basic Cupping

Durasi : 1 hari
Biaya :Rp   1.000.000
Deskripsi :Uji cita rasa dan evaluasi kualitas mengguunakan Cupping Forms.

Introduce Fine Robusta

Durasi : 1 hari
Biaya : Rp 1.000.000
Deskripsi :Mengenali Cupping Forms Robusta dan Arabika.

Olfactory

Durasi : 1 hari
Biaya : Rp 500.000
Deskripsi :Berkenalan dengan 36 aroma yang menjadi standar komunikasi di dunia kopi.

Green Grading

Durasi : 1 hari
Biaya : Rp 500.000
Deskripsi : Mengenal potensi pengaruh cacat pada biji kopi mentah terhadap kualitas kopi.

Basic Manual Brewing

Durasi : 1 hari
Biaya : Rp 1.000.000
Deskripsi : Belajar menyeduh dengan menggunakan V60, Kalita Wave, dan AeroPress.

Espresso 1O1

Durasi : 1 hari
Biaya : Rp 1.000.000
Deskripsi :Mengenal mesin, kopi, dan grinder, teknik dasar ekstraksi, perawatan harian mesin.

Basic Latte Art

Durasi : 2 hari
Biaya : Rp 1.500.000
Deskripsi : Cara membuat foam yang baik, teknik frothing, pengaruh suhu terhadap kualitas foam.

Basic Barista Course

Durasi : 5 hari
Biaya : Rp 5.000.000
Deskripsi : Mempelajari berbagai keahlian dasar untuk menjadi seorang barista.

Basic Roasting Class

Durasi : 3 hari
Biaya : Rp 3.500.000
Deskripsi : Memberikan pengetahuan dasar tentang proses roasting/sangrai kopi.

Intermediate Class 5758 Coffee Lab

Cupping for Professional

Durasi : 3 hari
Biaya :Rp   5.000.000
Deskripsi :Pengetahuan tentang kopi, pendalaman cupping Arabica, Triangulasi, cofee grading, matching pair, Olfactory, ketajaman pengecap Arabica.

Intermediate Manual Brewing

Durasi : 2 hari
Biaya : Rp 3.000.000
Deskripsi : Mempelajari lebih mendalam tentang penyeduhan kopi secara manual.

Intermediate Latte Art

Durasi : 1 hari
Biaya : Rp   1.750.000
Deskripsi : Mempelajari teknik lanjutan seni menggambar di atas permukaan kopi.

Advanced Class 5758 Coffee Lab

Q Grader Arabica

Durasi : 6 hari
Biaya : Rp 19.000.000
Deskripsi : Diperuntukkan bagi mereka yang akan mengambil sertifikasi sebagai Q Grader Arabika.

Q Grader Robusta

Deskripsi : 6 hari
Biaya : Rp 19,000,000
Deskripsi : Diperuntukkan bagi mereka yang akan mengambil sertifikasi sebagai Q Grader Robusta.

SCA Brewing Foundation dan Intermediate

Durasi : 2 hari
Biaya : USD 450 - 650
Deskripsi : Kelas Seduh Manual tingkat dasar dengan sertifikasi tingkat internasional yang dikeluarkan oleh SCAA

Indonesian Coffee Academy by Anomali Coffee

Training Barsita di Anomali Coffee

Nama Anomali Coffee pastinya tidak asing bagi sobat ngopi khususnya yang tinggal di kawasan Jakarta Selatan.

Coffee shop ini memang selalu menjadi pilihan tempat ngopi nak Jaksel. Baik weekend maupun weekday coffee shop ini tak pernah terlihat lengang.

Coffee shop yang berlokasi di Jalan Senopati, Jakarta Selatan ini semula memang dikenal sebagai kedai kopi modern dengan interiornya yang membuat pengunjung selalu merasa nyaman.

Akan tetapi lama-kelamaan reputasinya sebagai coffee specialist semakin melejit lantas pada akhirnya dibukalah beberapa kelas kopi untuk umum.

Sedikit berbeda dari dua kampus kopi di atas, Indonesian Coffee Academy by Anomali Coffee lebih memberikan training kepada barista atau calon barista.

Coffee shop yang sudah berdiri sejak 2007 ini menawarkan banyak program kelas barista, mulai dari basic epsresso, basic roasting, latte art dan cupping.

Akan tetapi semua peserta didik diharuskan mengikuti kelas mulai dari kelas dasar Espresso.

Peserta akan diajarkan mulai dari pengetahuan dasar soal kopi dan lanjut ke praktek membuat espresso yang tepat mulai dari teknik steaming hingga teknik menuang susunya. Selain itu kalian juga akan diajarkan teknik latte art dan cupping.

Dikarenakan Indonesian Coffee Academy masih belum disertifikasi oleh SCAA dan coursenya pun hanya sebatas untuk para calon barista, maka biaya course yang ditawarkan masih sangat terjangkau.

Jadi bagi teman-teman yang hanya sekedar hobi ngopi, ingin bisa membuat espresso yang enak atau menjadi barista, tak ada salahnya mengikuti course dari Indonesian Coffee Academy ini.

Selain itu kampus kopi ini juga menyediakan biaya paket sehingga sobat ngopi bisa mendapatkan training yang lengkap dengan biaya yang lebih terjangkau lagi.

Yuk, pantau biayanya training barista di Indonesian Coffee Academy berikut ini:

Basic Espresso

Durasi : 2 sesi/4 jam
Biaya : Rp 3.000.000
Deskripsi : Coffee knowledge, Introduction to espresso machine & equipment, Espresso Exercise, Milk texturing.

Advanced Espresso

Durasi : 2 sesi/4 jam
Biaya : Rp 3.000.000
Deskripsi : Coffee cupping, coffee blending, VST Espresso, Espresso Extraction

Coffee Cupping

Durasi : 2 sesi/4 jam
Biaya : Rp 3.000.000
Deskripsi : Coffee Knowledge, Green Coffee Grading, Sensory Analysis, Olfactory, Cupping Sample.

Basic Roasting

Durasi : 3 sesi/4 jam
Biaya : Rp 7.500.000
Deskripsi : Coffee beans knowledge, Roasting Basic, Roasting Demontrastion and analysis, Cupping

Latte Art

Durasi : 2 sesi/3 jam
Biaya : Rp 1.500.000
Deskripsi : Espresso Extraction, Milk Texturing, Free Pouring.

Manual Brewing

Durasi : 1 sesi/3 jam
Biaya : Rp 1.500.000
Deskripsi : Coffee beans knowledge, manual brewing method.

Biaya Kursus Barista di Indonesian Coffee Academy by Anomali Coffee

A Bunch of Caffeine Dealers (ABCD)

Kursus Kopi di ABCD
Photo by Randy

A Bunch of Caffeine Dealers didirikan pada Agustus tahun 2014 di Pasar Santa, Kebayoran, Jakarta Selatan.

Hendri Kurniawan yang merupakan pemilik kedai kopi ABCD mengatakan pertumbuhan coffee shop dari tahun ke tahun melesat tinggi.

Sayangnya pertumbuhan ini tidak diseimbangi oleh jumlah barista yang mumpuni. Sebagian besar barista pada saat itu hanya belajar secara otodidak.

Hendri merupakan seorang barista profesional dengan sertifikasi internasional dari World Barista Championship Technical Judge.

Hendri telah berpengalaman menjadi juri dunia sejak 2013, salah satunya diajang Latte Art di Italia.

Karena pengalamannya serta pengetahuannya, akhirnya ia memutuskan membuka kursus kopi di kedai ABCD dengan nama ABCD School of Coffee.

Hendri mempersilakan siapa saja, tanpa dibatasi usia, untuk mengikuti kursus di sekolah kopi milikinya.

Sesuai taglinenya “From Zero to Cappucino”, Hendri menjanjikan para pesertanya didiknya yang masih pemula akan ditraining segala hal tentang kopi, dari nol hingga bisa meracik kopi yang enak.

ABCD School of Coffee membagi jenjang kelas menjadi empat bagian, mulai dari appreciattion, brewing, cupping hingga latte art.

Dengan biaya yang sangat bersahabat, para peserta akan mendapatkan training yang sangat cukup untuk menjadi seorang barista.

Kini ABCD Café berada di Gondangdia, Menteng. Sang pemilik dan rekannya juga membuka kedai kopi “Ruang Seduh” di Yogyakarta dengan konsep bar terbuka agar pengunjung dapat melihat secara langsung pada barista didikannya bekerja dan belajar.

Jika sobat ngopi berminat menjadi seorang barista, ABCD School of Coffee yang cukup ramah dikantong ini bisa menjadi alternatif pilihan kalian.

Berikut ini rincian biaya training kopi di A Bunch of Caffeine Dealers (ABCD):

ABCD Class

Durasi : 3 hari/4 jam
Biaya : Rp 6.000.000
Deskripsi : Sejarah dan pengetahuan kopi, Teknik Brewing, Cupping, Membuat Espresso, Basic Latte Art, Perawatan mesin Espresso

Brewing Class

Durasi : 2 jam
Biaya : Rp 1.000.000
Dekripsi : Prinsip, unsur dan metode ekstraksi espresso, Teknik brewing

Cupping Class

Durasi : 2 jam
Biaya : Rp 1.500.000
Deskripsi : Melatih indera untuk mengenal rasa dan aroma yang khas serta mengevaluasi kualitas

Definitive Espresso

Durasi : 6 jam
Biaya : Rp 3.500.000
Deskripsi : Teori Espresso, Mengenal bermacam grinder dan mesin espresso, teknik steaming dan pouring, basic latte art

Latte Art (intermediate level)

Durasi : 4 jam
Biaya : Rp 2.500.000
Deskripsi : Tips dan trik membuat berbagai macam pola dan cara kombinasi pola sesuai standart kejuaraan Latte Art

Biaya Kursus Barista di A Bunch of Caffeine Dealers (ABCD)

Dari beberapa kelas yang ditawarkan di atas, hanya ABCD Class lah bisa sobat ngopi pilih jika kalian adalah pemula.

Sementara untuk Kelas Brewing, Cupping dan Definitve Espresso, setidaknya kalian harus mengikuti Appreciation Class lebih dulu sebagai dasar pengetahuan. Appreciation Class dikenai biaya 500 ribu saja.

Universitá del Caffé dell 'Indonesia (UDC)

Kursus Barista di Universitá del Caffé dell 'Indonesia (UDC)

PT Bahana Genta Victory yang merupakan distributor Illy, nama besar perusahaan kopi dari Italia, telah mendirikan Università del caffè atau Universitas Kopi.

Universitá del Caffé dell 'Indonesia inilah salah satunya. UDC bertempat di kantor pusat Illy di Jl. Hasyim Ashari 1.

Terdapat sebuah ruangan kelas dengan berbagai equipment untuk para peserta didik belajar seperti mesin espresso, grinder, dan perlengkapan barista lainnya.

Kesan kelas dijaga tetap informal agar lebih rileks meskipun UDC lahir dari nama besar Illy.

UDC tidak hanya bertujuan untuk mencetak barista-barista mahir tetapi juga mempunyai misi untuk menghasilkan artist of coffee.

Michael Gibbons yang berkebangsaan Autralia, Business Development Manager PT. Bahana Genta Victory mengatakan Barista yang baik harus dimulai dari penguasaan teori tentang asal muasal kopi.

Oleh karena itu, pemahaman soal proses pemilihan biji kopi dan ilmu dasar mengenai kopilah yang menjadi fokus utama.

Seorang barista seharusnya tahu paling tidak mengenai sejarah dan asal muasal kopi, karakter rasa serta pertanyaan standar lainnya yang biasa ditanyakan oleh pelanggan.

UDC Indonesia hanya menyediakan dua pilihan kelas, yaitu Espresso Expert dan Creative Coffee.

Espresso Expert
Di kelas ini peserta akan diajarkan mengenai pengetahuan kopi, cara budidaya dan panen kopi, hingga ke tahap cara mengekstraksi biji kopi.

Mesin yang digunakan perserta untuk belajar adalah mesin espresso semi otomatis dengan tujuan agar peserta paham betul bagaimana cara ekstraksi, bukan hanya asal pencet dan jadi.

Espresso merupakan basis dari banyak minuman seperti cappuccino, latte dan machiatto.

Sehingga pada kelas ini peserta diharuskan membuat espresso berulang kali hingga dapat membuat espresso yang ideal.

Kelas Espresso Expert ini dilakukan selama 2 hari dengan range biaya 4 juta – 5 juta rupiah.

Ini sangat worth it karena kalian betul-betul belajar hingga fasih dan tentunya pada akhir kelas kalian akan mendapatkan sertifikat.

Creative Coffee
Sobat ngopi baru diperbolehkan mengikuti kelas ini jika sudah menguasai pembuatan Espresso dan Cappucino (dipelajari di kelas sebelumnya) yang ideal. Pada tahap ini Kalian akan diajarkan berbagai macam teknik membuat Latte Art.

Mulai teknik Etching, melukis di atas permukaan milk foam dengan menggunakan alat berbentuk pena dan teknik free pouring yang dituang langsung dari stainless jug dengan gerakan tangan yang luwes.

Biaya yang dikenakan sama dengan kelas Espresso Expert yaitu kisaran 4 juta – 5 juta rupiah.

Peserta didik UDC tidak hanya terbuka untuk klien Illy saja, tetapi juga berbagai restoran dan hotel, institusi pendikan serta untuk kalangan umum.

So, untuk para sobat ngopi yang ingin menjadi barista handal, artist of coffee atau ingin membangun bisnis coffee shop dan mendapatkan sertifikat Italia, Universitá del Caffé dell 'Indonesia yang berada di bawah nama besar Illy sangat bisa menjadi pilihan. Berminat?

Kelima sekolah kopi di atas merupakan sekolah kopi terpopuler di Indonesia. Dengan berbagai macam training serta sertifikat yang diberikan, kalian bisa menjadi seorang barista atau bahkan Q Grader professional.

Tentu, sebelum mengikuti course, sobat ngopi harus lebih dulu menentukan mana yang akan kalian dalami. Apakah kalian seorang pemula yang hanya ingin mengetahui teknik dasar meracik kopi, seorang barista yang ingin mengikuti kejuaraan Latte Art, seorang Cuppers yang ingin menjadi Q Grader Profesional atau seorang pebisnis yang ingin membangun bisnis kedai kopi.

Maka apapun yang menjadi pilihan kalian, ada baiknya kalian pertimbangkan dari sisi biaya yang harus dikeluarkan.

Jangan sampai hanya karena ingin terlihat keren dengan sertifikat internasional membuat kalian menguras habis isi tabungan.

Toh Sekolah kopi dengan sertifikat nasional tak bisa kalian anggap remeh, karena pemiliknya pun adalah yang telah memilki sertifikat dunia.  

Tapi jika kalian memang mampu, monggo join dengan sekolah kopi yang sudah tersertifikasi Internasional.

Semoga bermanfaat untuk sobat ngopi semua. Salam biji kopi nusantara!