Salam dari Biji Kopi Nusantara

Siapa sih yang gak suka kopi? Kalaupun tidak menyukai rasa pahit, ada banyak paduan kopi yang mempermanis baik rasa dan tampilannya. Apalagi ditambah dengan adanya berbagai cafe-cafe cantik baik yang menawarkan rasa kopi yang unik. Menyeruput secangkir kopi jadi melebur dengan gaya hidup kekinian sebagai aktifitas pagi yang wajib atau acara ngumpul bareng di cafe terdekat. Apakah kamu ingin tahu rekomendasi cara bikin kopi enak?

Kini, menikmati secangkir kopi enak bukan hanya didapatkan saat ke cafe saja, ya. Para pecinta kopi mulai mencari tahu bagaimana caranya membuat kopi sesuai keinginannya sendiri. Berbagai alat pembuat kopi mulai dijual secara bebas. Selain itu ada sesuatu yang keren bila dapat meracik kopi sendiri. Jadi apa dong yang harus diperhatikan kalau mau memastikan kopi yang kita buat enak?

Memang benar kopi yang enak bisa membuat mata tenang bergadang, ngobrol semakin seru dan otak makin encer. Pasti kamu pernah dong ngerasain fikiran yang ruwet sempat terkendurkan dengan rehat ngopi. Ketahui hal mendasar untuk mewujudkannya.

Beberapa Jenis Kopi Terpopuler di Dunia

Sebelum cari tahu bagaimana caranya membuat kopi yang enak. Ketahui terlebih dahulu berbagai jenis kopi yang ada dipasaran. Ada kurang lebih 25 jenis kopi yang paling populer dan hanya ada empat jenis kopi yang paling dikenal luas. Mereka adalah robusta, arabika, liberika, dan ekselsa. Berikut adalah penjelasan dari tiap-tiap jenis kopi tersebut.

1. Kopi arabika

Kopi yang paling pertama dibudidayakan ini butuh waktu lama sembilan bulan untuk dapat dipanen. Kopi arabika paling cocok untuk ditanam ketinggian 700-1700 m di atas permukaan laut dan berada di dataran tinggi. Di dunia dapat ditemukan di Brazil sedangkan di Indonesia diambil dari daerah Aceh atau Papua.

Kelebihannya adalah cita rasa yang khas dengan harga cukup mahal. Namun terbayarkan dengan rasa yang sangat enak. Kelemahan dari jenis kopi ini adalah rentan terhadap penyakit saat berbuah. Jadi hasilnya lebih baik dari jenis kopi lainnya dikarenakan aroma yang lebih kuat.

2. Kopi robusta

Kopi yang tumbuh subur didataran sedang ini tubuh subur pada suhu 21-24 derajat celcius. Berapa lama proses pembuahannya? Lebih lama dibandingkan kopi arabika sekitar 10-11 bulan.

Keunggulannya yang paling signifikan adalah pertumbuhannya yang lebih tahan serangan hama. Sedangkan kekurangan dari jenis kopi ini adalah rasanya yang cenderung pahit dan harganya yang lebih terjangkau.

3. Kopi liberika

Kopi jenis ini cukup populer di Indonesia dengan variasi Ardoniana dan Duvei. Jenis kopi yang ditemukan di Afrika ini dapat dapat dipanen sepanjang tahun dan cocok dibudi dayakan di dataran rendah, sekitar 9 meter dari tanah.

Masa tanam yang singkat mempengaruhi cita rasa yang tidak terlalu kuat. Walau demikian dengan masa panen yang tidak butuh waktu berbulan-bulan dan harganya yang jadi lebih terjangkau menjadi opsi bagi para pecinta kopi.

4. Kopi Ekselsa

Satu lagi kopi asal Afrika yang memiliki kemiripan denga kopi Liberika. Sangat mudah dibudidaya karena variannya kuat dari serangan penyakit. Kalau di Indonesia, kopi ditanam di lahan gambut ini banyak ditemukan di Tanjung Jabung Barat, Jambi. Sehingga varietas ini cukup populer dikalangan petani kopi Indonesia.

Nah, sudah paham kan berbagai keunggulan dan kelemahan tiap jenis kopi di atas? Kamu sekarang bisa memilih biji kopi dari keempat jenis yang sudah dibahas diatas. Perhatikan elemen lain untuk membuat kopi yang benar-benar enak.

Hal Mendasar untuk Membuat Kopi Enak

Jadi sebenarnya apa saja sih rekomendasi cara bikin kopi enak? Apa hanya dari biji dan mesinnya? Eits, jangan terburu-buru.  Nah! Buat kamu coffee lover, jika kamu penasaran bagaimana caranya. Perhatikan beberapa elemen berikut yang membuat kopi kamu jadi enak. Baca dulu artikel ini sampai tuntas, ya.

Kenali berbagai jenis biji kopi

Dari mana asal biji kopi dapat diprediksi rasa yang akan tercipta. Bingung? Begini maksudnya. Indonesia termasuk penghasil kopi dengan varian terbanyak di dunia. Karena wilayah yang luas, biji kopi dari tiap wilayah memiliki cita rasa berbeda. Kopi Mandailing bentuknya cenderung besar. Kopi dari tanah Jawa lebih tinggi tingkat keasamannya.  Kopi luwak lebih kental dan banyak lagi ciri-ciri lainnya.

Kopi yang enak adalah yang paling cocok dengan orang yang akan meminumnya. Kalau kamu punya masalah dengan lambung, mungkin kopi Jawa tidak cocok dengan pencernaannya. Lain bila kamu sangat suka kopi pekat yang kental, maka ada biji kopi yang sesuai dengan selera kamu itu. Jadi, kopi yang enak tidak sama dengan opini orang.

Komposisi Kopi

Umumnya, komposisi kopi terbadi dua, yakni single origin  dan coffee blend. Rasa kopi yang berasal dari suatu area memiliki rasa khas yang mudah dikenali. Sedangkan kopi yang dibuat berdasarkan paduan beberapa rasa akan memiliki paduan rasa tertentu yang bisa diketahui dari kemasannya.

Deskripsi komposisi kopi dan rasionya berbeda-beda tergantung produsennya. Beberapa pilihan coffee blend yang populer diantaranya adalah mocha blend, kilimanjaro blend, dan sebagainya.

Jadi, kalau ingin cita rasa yang kuat dan mendominasi, kopi dengan single origin paling pas. Inilah sebabnya orang Indonesia dapat yakin dengan rasa yang akan diperoleh ketika memesan Kopi manado, kopi jambi, atau kopi palembang. Komposisi yang berasal dari sebuah area memiliki kekhasan.

Kesegaran

Pastinya hal ini penting sekali. Karena kopi termahal sekalipun bisa jadi tidak enak kalau sudah tidak segar. Biji kopi yang berbau apek, tidak mengeluarkan aroma sedap, atau kurang rasa adalah tanda-tanda kopi yang sudah tidak segar lagi. Oleh karena itu, semakin banyak pecinta kopi yang beli biji kopi sendiri, dan menyeduhnya sendiri.

Selain lebih hemat, kualitas kopi pun lebih terjamin. Jadi pastikan mendapat rekomendasi cara bikin kopi enak terbaik dengan memperhatikan rasa dari kesegarannya. Perhatikan paduan antara keasaman, rasa, aroma, dan kemanisan.

Rasio kopi dan air

Memang tidak dapat memukul rata selera orang ketika berbicara tentang kategori kopi yang enak. Namun, berbagai hal untuk mewujudkannya dapat diperhatikan satu persatu dengan seksama. Seperti halnya masalah kekentalan.

Perbandingan antara takaran kopi dan air penting menciptakan kopi yang kental atau cair. Pula sebaliknya, rasio kopi yang terlalu banyak akan menyebabkan terlalu kental dan mendominasi. Yang enak adalah berada di tengah-tengah dengan perbandingan 1/15. Yakni, satu untuk kopi dan 15 bagian air.

Selain menentuan kekentalan, rasio ini dianggap paling pas untuk mengeluarkan cita rasa yang dimiliki kopi paling sesuai. Misalkan. Secangkir kopi yang dibuat dengan 20 gram kopi akan memerlukan kurang lebih sekitar 300 ml air. Cobalah untuk memastikan kalau ukuran tersebut memang terbukti hasilnya.

Suhu

Apakah kamu tahu kopi yang enak sangat berpengaruh dengan temperaturnya? Mengkonsumsi kopi yang tidak terlalu panas dan tidak dingin adalah yang paling tepat. Suhu yang sejuk selain nyaman dilidah juga pas untuk pencernaan. Anda pernah minum kopi dengan es? Dilema meminum kopi dengan cara ini adalah rasa yang cepat berubah. Tambahan es memberikan air pada kopi dan merubah rasa.

Pemanggangan

Gambar Roasting Biji Kopi
Photo by DailyCoffeeNews

Membuat kopi sendiri dari berbentuk biji kopi mengikuti beberapa proses. Mulai dari panggang atau roasting, giling atau grinding sampai seduh. menjadi salah satu elemen penting yang menentukan rasa kopi. Asam dan pahitnya kopi ditentukan oleh proses pemanggangannya.

Proses singkat membuat keasamannya lebih tinggi. Hal ini diperoleh untuk kopi seperti  light roast, medium roast, cinnamon roast, dan masih banyak lagi. Pemanggangan seperti ini adalah bahan baku ideal untuk black coffee atau American coffee.

Roasting yang lama memberikan rasa pahit dan asam yang proporsional. Ini loh yang dinamakan high roast dan city roast. Nah, pada umumnya kopi dipasaran tuh ya pakai cara ini.

Cara Menyeduh

Memang intinya cara menyeduh kopi hanya ada dua saja, dengan mesin atau secara manual. Jika kamu suka espresso dan berbagai paduan ala cafe-cafe mungkin harus bermodal peralatan atau merogok kantong untuk mendatangi cafe untuk rasa kopi yang sesuai selera itu.

Gambar Kopi Blooming saat menyeduh
Photo by Beanground

Menyeduh secara manual, juga ada berbagai metode. Semua tergantung dengan alat seduh  manual yang digunakan. Walau perbedaan mungkin tidak terlalu ketara namun ada perbedaannya. French press, vietnam dip,pour over, saring kain adalah beberapa diantaranya.

Nah, wajar dong kalau menemukan cara bikin kopi yang enak perlu coba beberapa metode seduh sebelum ketemu rasa terbaik. Bahkan kalau kamu sempat berfikir kopi dengan cara diseduh dengan french press sudah enak banget, siapa tahu coba cara lainnya malah terkejut dengan rasanya yang lebih enak lagi.

Waktu seduh

Waktu yang dibutuhkan untuk menyeduh kopi juga sama pentinya ya. Seduhan ini yang sering dikaitkan dengan keahlian seseorang membuat kopi yang enak. Bukan berapa kali mengaduk kopinya namun waktu saat menyeduhnya.

Untuk aroma dan cita rasa yang paling pas ditentukaan berapa lama kamu menyeduh kopi. kita menghasilkan aroma dan rasa terbaik, perlu waktu seduh yang tepat. Untuk metode ini, diawali dengan membasahi kopi secara singkat sekitar 30 detik. Lalu lakukan pemanasan bubuk kopi untuk mengeluarkan kandungan gas didalamnya.

Selain itu suhu air ketika akan diseduh juga harus benar-benar mendidih. Untuk kopi yang benar-benar enak dan aman dikonsumsi, pastikan suhu air  panas dalam kisaran 90 derajat Celcius. Bagaimana cara memastikannya kalau tidak punya termometer? Kamu cukup masak air sampai mendidih dan diamkan 2 menit.

Kemudian seduh dengan perlahan. Keseluruhan proses butuh sekitar 4 menit saja. Jadi, jangan terburu-buru yang saat membuat kopi. Dengan memperhatikan waktu dan prosesnya, rasa kopi akan lebih enak baik di perut maupun di lidah.

Nah, sekarang kamu tahu dong rekomendasi cara bikin kopi enak. Mulai dari memilih biji kopi sampai berapa rasio kopi dan air. Perhatikan langkah demi langkah dalam membuatnya. Kopi selain menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari juga menjadi budaya yang melengkapi berbagai suasana.

Selain caranya yang mudah diikuti, kamu punya lebih banyak pilihan hanya cukup melihat lebih dekat berbagai pilihan kopi nusantara. Mengkonsumsi kopi yang datang di daerah yang dekat dengan tempat tinggalmu adalah yang paling enak dari sisi kesegaran. Jadi bagaimanakah kamu akan memilih kopi enakmu?

Mulai dari kopi kental hitam sampai kopi yang bercampur dengan gula, susu, maupun cokelat. Ada cara pembuatan yang berbeda-beda, baik mudah maupun susah. Semua disesuaikan dengan selera dan apa definisi kopi yang enak bagi tiap-tiap individu.