Salam dari Biji Kopi Nusantara

Selamat datang kembali para pecinta penikmat penggemar kopi! Ketika sobat ngopi pergi ke kedai kopi, cafe, atau coffee shop, pasti kalian akan dihadapkan dengan beberapa menu olahan kopi yang sangat banyak dan berbeda nama.

Tak jarang nama kopi tersebut agak sulit diucapkan beberapa dari kita yang memiliki aksen daerah yang kental. Si mba barista bahkan meringis mendengar klean-klean ni membaca menu kopinya dengan asal-asalan. Hampura Mba..

Sebenarnya ada beberapa kedai kopi atau cafe yang menyajikan menu olahan kopi yang bahkan jarang sekali ditemui dikedai lainnya dan membuat kamu penasaran bagaimana tampilan dan rasa dari jenis kopi tersebut.

Bahkan ada banyak jenis kopi yang disajikan dalam bentuk dingin.

Biasanya coffee shop terkenal akan menciptakan varian minuman kopi kekinian maupun minuman selainkopi.

Walaupun begitu, olahan kopi yang pada dasarnya berbahan espresso tetap tak lengkang oleh waktu, tak pudar ditelan zaman dan tetap memiliki penggemar setianya sepanjang masa.

Hampir disetiap kedai kopi atau coffee shop  biasanya menyediakan 14 jenis menu olahan kopi ini.

Jadi sobat ngopi tak perlu galau dan salah pilih menu kopi lagi karena lain orang lain pula selera kopinya.

Tapi apakah kalian tahu perbedaan dari setiap jenis minuman kopi? Atau jangan-jangan selamanya ini kalian hanya asal menebak rasa dan takaran sesuai namanya bahkan menganggap ada beberapa jenis kopi “sama saja”.

Kalau begitu, sebaiknya simak dulu 14 jenis olahan kopi berikut ini.

1. Coffee Espresso

Gambar Kopi Espresso - Coffee Espresso
Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Hampir setiap Coffee Shop biasanya menyediakan menu kopi espresso. Espresso adalah basic dari semua jenis minuman kopi. Jadi espresso adalah minuman kopi paling dasar yang biasanya disajikan dalam cangkir khusus espresso yang berukuran 30ml – 118ml.

Espresso sendiri bertekstur pekat dan pahit dengan penampilan buih-buih coklat muda diatasnya yang muncul karena tekanan minyak yang ada didalam biji kopi.

Banyak orang tidak menyukai espresso karena rasa pahitnya yang sangat pekat dan tak tertahankan dengan ukuran cangkir yang sangat kecil sehingga untuk sebagian orang kesusahan untuk menikmati secangkir espresso ini.

Namun, yang dianggap sangat pahit, kedai-kedai kopi di Italia penuh dengan antrian manusia yang mewajibkan setiap warganya meminum kopi dipagi hari, bukan nasi uduk dengan bihun dan tempe orek tak lupa sambal kacang. Bahkan“minum kopi” merupakan budaya disana sehari-hari disana.

2. Coffee Ristretto

Gambar Kopi Ristretto - Ristretto Coffee
Photo by nitin pariyar on Unsplash

Ristretto adalah menu pilihan jika kamu tidak terlalu suka dengan kopi pahit yang sangat pekat dan sekuat espresso.

Ristretto dalam bahasa italia berarti terbatas atau terlarang, hampir sama dengan espressoperbedaannya adalah pada takaran air dan waktu ekstraksi pada ristretto ini lebih sedikit tapi pada proses sama dengan proses pada espresso.

Karena diekstrak hanya dalam waktu yang terbatas, alias restricted, banyak orang yang beranggapan ristretto memiliki rasa yang lebih kaya, lebih smooth, dan lebih sweet.

Karena  proses yang terbatas juga ristretto dianggap terasa jauh lebih manis dibandingkan espresso (jika kalian membuatnya dengan benar).

3. Espresso Doppio

Doppio adalah double shot espresso, umumnya diekstraksi dengan menggunakan double coffee filter dalam portafilter. Jadi kalau mau memesan dua shot espresso, ya sebut saja dengan doppio.

Nah menu satu ini cocok sekali buat yang biasa pesan One shot espresso tapi masih merasa kurang, Doppio solusinya.

Btw, istilah doppio juga berasal dari Bahasa Italia yang berarti double dan sekarang ini doppio sudah dianggap ukuran shot standar untuk membuat menu-menu espresso-based. Satu doppio umumnya berukuran 60 ml.

4. Espresso Lungo

Lungo adalah Bahasa Italia yang berarti “long” dalam bahasa Inggris. Sudah bisa ditebak, dibandingkan tiga menu sebelumnya, lungo adalah minuman yang proses pembuatannya lebih panjang.

Jika espresso umumnya diekstraksi hingga maksimal 30 detik, maka lungo lebih lama dari itu. Lungo biasanya diekstraksi hingga 1 menit, dengan ukuran shot standar sekitar 130-170 ml.

Lama tidaknya proses ekstraksi lungo juga tergantung kepada jenis kopi yang digunakan (apakah merupakan blend antara Arabica dan robusta atau tidak), level gilingan, dan tekanan dari mesin espresso yang digunakan.

Karena takarannya yang lumayan banyak hingga 150an ml, lungo sering disalahartikan sebagai Americano, atau Long Black, yang merupakan variasi lain dari espresso ditambahkan air panas.

Jika kalian penikmat kopi yang menilai espresso dan doppio masih kurang banyak, mungkin Lungo bisa menjadi solusi. So, kembali kepada selera penikmat kopi itu sendiri

5. Americano

Kopi Americano
Photo by PTMP on Unsplash

Dari namanya tentu olahan kopi yang satu ini berasal dari Amerika. Racikan Americano terdiri dari 1 shot espresso yang dituangkan dalam cangkir berukuran 178 ml yang dicampur dengan air panas hingga memenuhi gelas.

Americano biasanya nyaris tak ada krema di permukaan cangkir. Hal ini dikarenakan espresso yang ditambahkan air panas sehingga memecah krema yang ada pada espresso.

Minuman ini bisa disediakan dalam panas maupun dingin yang disebut es americano.

6. Cappucino

Kopi Capuccino
Photo by Vanesa conunaese on Unsplash

Sobat ngopi pasti selalu menemukan cappucino dalam menu tiap kali pergi ke kedai kopi atau bahkan cafe-cafe biasa.

Cappucino adalah olahan espresso yang paling banyak digemari terutama bagi penikmat kopi dengan rasa lebih milk. Minuman ini terdiri dari espresso dan cream milk dengan perbandingan 1:1 namun ada juga yang memakai perbandingan 1/3 espresso, 1/3 steamed milk, dan 1/3 milk froth.

Saat kita menikmati secangkir cappucino, kita akan mersakan foam yang agak tebal saat tegukan pertama, setelah itu diikuti kopi dengan rasa milky yang kuat.

Dan perlu sobat ngopi ketahui, dalam secangkir cappucino tidak ada art dipermukaan cangkir seperti latte.

Melainkan hanya taburan choco granule atau butiran halus berwarna coklat yang dicetak menggunaka papan stainless berpola. Biasanya disajikan dalam cangkir berkapasitas 88ml hingga 177ml.

7. Macchiato

Kopi Macchiato
Photo by Louis Hansel @shotsoflouis on Unsplash

Macchiato bisa diartikan sebagai “noda”, “tanda”. Itu kenapa macchiato hadir dalam bentuk secangkir espresso yang diberi “busa susu” diatasnya, yang tak perlu sampe tumpeh-tumpeh.

Macchiato harus disajikan di dalam cangkir espresso karena ukurannya memang harus kecil. Orang italia menciptakan macchiato berawal dari tidak terbiasanya menikmati cappucino di siang hari.

Cappucino adalah minuman pagi hari yang sering dijadikan menu sarapan bersama nasi uduk pastry. Namun jika harus meminum secangkir espresso di siang hari, rasanya sangat membosankan.

Maka diciptakanlah macchiato dengan menu espresso dan susu dalam ukuran kecil namun tak terlalu besar seperti cappucino tetapi tetap memiliki sentuhan susu yang yahut dan tak membosankan.

Nah, Macchiatoini bisa menjadi referensi bagi sobat ngopi yang bukan penikmat kopi pahit. Rasio steamed milk dalam minuman ini lebih besar dari espresso sehingga ada sentuhan milky dan gurih.

Biasanya semua olahan kopi di coffee shop otentik tidak menambahkan pemanis, tapi kamu bisa meminta barista untuk menyertakan gula bersama pesananmu.

8. Cortado

Kopi Cortado
Photo by Rachel Lynette French on Unsplash

Dalam bahasa spanyol cortado artinya memotong. Banyak orang yang menyamakan cortado dengan macchiato karena komposisinya mirip, namun perbandingan espresso dan steamed milk cortado biasanya 1:1 meski disejumlah tempat ada juga yang memakai rasio 1:2

Di Spanyol, cortado biasa disajikan dengan cangkir yang terbuat dari gelas atau metal, sangat jarang sekali cortado disajikan dengan cangkir yang terbuat dari keramik.

Sangat berbeda dengan sajian latte yang membutuhkan susu dengan buih yang optimal untuk menampilkan tekstur art di permukaan kopi, susu yang digunakan pada Cortado tidak memerlukan buih yang terlalu banyak, hanya secukupnya saja.

9. Cafe Noisette

Mungkin ini adalah salah satu menu kopi yang sangat asing ditelinga dan belum ada di gerai kopi atau cafe Indonesia yang menyediakan menu yang satu ini.

Racikan untuk secangkir Cafe Noisette terdiri dari satu espresso ditambah dengan sedikit susu.

Nama ini mengacu pada warna hazelnut yang akan kalian dapatkan saat minuman ini siap disajikan, yang dalam bahasa Prancis diterjemahkan menjadi "Noisette". Minuman ini merupakan equivalen Perancis dari "Macchiato" Italia.

10. Latte

Kopi Latte
Photo by insung yoon on Unsplash

Nah ini nih yang banyak dipesan oleh anak-anak jaman now lengkap dengan request art nya ke mas-mas barista agar bisa dijepret dan unggah ke medsos.

Olahan kopi satu ini memang banyak memiliki penggemar terutama dikalangan anak remaja. Sebagian dari mereka beranggapan, belum nongki cantik (nongkrong cantik) jika belum minum latte dengan pola love-love.

Hayo mengakulah klean wahai para Gen Z! hehe..

Banyak yang menyimpulkan bahwa latte adalah kopi yang cenderung milky. Jika anggapan itu dibandingkan dengan cappucinomaka anggapan itu bisa jadi benar.

Kunci yang sangat mendasar dalam pembuatan latte adalah proses steaming susunya (susu yang dipanaskan dengan semprotan uap panas).

Umumnya proses steaming susu ini berfungsi untuk memanaskan susu hingga mencapai temperatur tertentu, biasanya 60o Celcius, untuk menghasilkan micro foam yang smooth.

Dengan kata lain, foam yang ada pada latte cenderung lebih halus dan tidak tebal.

Perlu diingat latte dan cappucino adalah dua jenis racikan yang berbeda komposisi dan rasio bahannya.

Latte biasanya menggunakan perbandingan espresso dan susu 2:1 selain rasanya yang nikmat, latte biasanya disajikan dalam cangkir dengan pola indah diatasnya atau biasanya banyak disebut latte art

11. Flat White

Kopi Flat White
Photo by Anuja Mary Tilj on Unsplash

Beda negara beda rasa, mungkin ini penggambaran yang cocok untuk jenis minuman yang satu ini, Flat White, rata dan putih tapi tidak berambut panjang. Tentu bukan itu definisinya.

Di beberapa negara memiliki “racikan” tersendiri untuk secangkir Flat White. Secara garis besarnya, Flat White terdiri dari textured milk dan espresso dan ada beberapa barista yang menggunakan takaran susu lebih sedikit dibandingkan dengan latte.

Banyak pengertian berbeda untuk minuman olahan espresso satu ini, ada yang menyebut flat white termasuk latte, sebagian beranggapan bahwa ini adalah cappucino tanpa kopi.

Flat white biasanya terdiri 60 ml textured milk alias gelembung saat susu dipanaskan, kemudian 2 shot espresso dituang diatasnya dan dicampur menjadi satu.

Agar kita mudah mengenali Flat white yaitu ketika meminumnya, kita akan merasakan kopi yang cenderung kuat namun ada sedikit rasa lembut halus yang menyertai

12. Affogato

Kopi Affogato
Photo by Ali Yahya on Unsplash

Di Italia, affogato dijadikan minuman atau makanan pencuci mulut yang terdiri es krim yang dingin dan lembut serta secangkir espresso.

Sederhananya affogato adalah es krim vanilla yang dituang espresso, perpaduan kopi hitam dan eskrim yang manis dan lembut menciptakan sensasi rasa yang menyenangkan, apalagi saat eskrim perlahan meleleh begitu saat disiram oleh espresso, sangat nikmat dilidah.

Hmm.. apakah hanya es krim vanilla saja yang bisa digunakan?Tentu saja tidak. Sebab ada beberapa kedai kopi atau cafe yang menggunakan coklat dan lainnya.

Namun mengapa es krim vanilla yang tetap dipilih sebagai bahan utama affogato. Jawabnnya karena es krim vanilla dianggap “paling netral”.

Sehingga saat espresso hadir di atasnya, rasa kuat espresso dinilai tidak hilang bersama rasa es krimnya. Rasa vanilla memberikan keseimbangan yang menyenangkan untuk menu affogato.

Itulah kenapa rasa es krim vanilla paling banyak dipakai sebagai bahan utama affogato

13. Espresso Con Panna

Kopi Espressoo Con Panna
Photo by Elle Hughes on Unsplash

Espresso Con Panna, yang berarti  "espresso dengan krim " dalam bahasa Italia, adalah satu atau ganda tembakan espresso yang kemudian diberi tambahan whipped cream di atasnya.

Di Amerika Serikat minuman ini mungkin juga disebut Café Vienne. Di Perancis dan di Britania Raya itu disebut Café Viennois.

Di benua Utara Eropa, istilah Wiener Melangemengacu pada minuman yang berbeda, dibuat dengan busa susu dan tidak memiliki krim kocok di atas. Di Wina, sebuah espresso con Panna disebut Franziskaner.

14. Moccacino

Kopi Moccacino
Photo by Alex on Unsplash

Espresso, susu, dan coklat merupakan paduan ideal dari secangkir moccacino. Lembutnya coklat dan gurihnya susu memang lebih mendominasi dari pada rasa espresso yang pahit.

Biasanya minuman ini menggunakan coklat bubuk untuk campuran dan garnis, tapi ada juga yang memakai susu coklat diatasnya.

Bagi sobat ngopi yang suka campuran kopi dan coklat, kalian bisa memilih moccacino untuk teman nongkrong.

Sebab banyaknya bubuk coklat yang ditambahkan serta kombinasi dengan pahitnya kopi bisa terasa sangat menggoyang lidah.

Nah, apakah penjelasan mengenai ke 14 jenis olahan kopi di atas bisa membuat sobat ngopi nusantara semakin mengetahui perbedaan antara satu jenis dengan jenis yang lainnya?

Kalian bisa memilih olahan kopi mana yang paling sesuai dengan selera dan style kalian masing-masing ya.. Karena setiap individu memiliki style masing-masing yang bisa dilihat dari pilihan kopinya lho! Next akan kami bahas untuk kalian yahh..

Dan jangan pernah lupa untuk mempertimbangkan masalah kesehatan karena tidak semua jenis olahan kopi bisa diterima oleh tubuh. Akhir kata, di mana pun ngumpulnya, tetap kopi pilihannya. Salam biji kopi Nusantara!