Salam dari Biji Kopi Nusantara

Kopi telah menjadi kebudayaan yang menjamur di masyarakat masa kini. Tak puas rasanya jika tidak mengkonsumsi setiap harinya. Walaupun sudah banyak kopi instan yang dijual dalam bentuk sachet, tapi rasanya tetap berbeda dengan kopi yang dibuat dari biji kopi langsung. Caranya pun tidak sulit karena sudah banyak mesin kopi manual dan otomatis murah bisa dibeli.

Dua jenis mesin kopi yaitu manual brew dan otomatis atau yang sering disebut dengan mesin espresso memiliki banyak perbedaan. Mulai dari cara menyeduhnya hingga kafein yang akan dihasilkan pada kopi. Karena hasilnya yang berbeda, kamu mungkin harus menyesuaikan dengan rasa dari masing-masing mesin. Sebelum membelinya sebaiknya kenali apa saja mesin kopi manual dan otomatis murah yang bisa dipilih.

Macam-Macam Mesin Kopi Manual dan Otomatis Murah

Pada saat hendak menentukan mesin kopi mana yang akan dibeli, ada begitu banyak pertimbangan yang harus diperhatikan. Jangan pernah asal memilih mesin baik itu untuk kebutuhan usaha atau sendiri di rumah. Jika ingin menggunakannya sebagai usaha, perhatikan kapasitas mesin. Apakah mesin tersebut bisa sekaligus membuat dalam jumlah banyak.

Selain itu, perhatikan juga ukurannya. Ketika kamuingin menggunakannya di dalam rumah maka tak perlu membeli mesin dengan ukuran besar seperti yang ada di cafe. Ingat juga bahwa fungsi dari mesin kopi bukan hanya sekedar membuat espresso saja. Pada mesin-mesin kopi otomatis ada begitu banyak fungsi yang disediakan.

Jika kamu lebih menyukai mengkonsumsi kopi dengan banyak varian seperti latte, cappucino bahkan hot chocolate sekalipun, maka pilih mesin yang memiliki menu tersebut. Terakhir adalah masalah harga. Apakah mesin kopi manual dan otomatis murah? Semakin murah pasti sangat menggiurkan untuk segera dibeli.

Tapi jangan terkecoh dengan harga yang terlalu murah, karena harga pastinya sesuai dengan kualitas dari mesin tersebut. Yuk, daripada kamubingung membayangkan mesin apa saja yang ada di pasaran, sebaiknya simak macam-macam mesin kopi baik itu yang manual dan otomatis berikut ini.

6 Macam Mesin Kopi Manual

Manual brew adalah cara dalam menyeduh kopi dengan mesin manual. Tidak ada keterlibatan mesin, oleh karena itu hasil yang didapatkan sesuai dengan racikan sendiri. Cara kerja manual brew yang paling terkenal adalah meletakkan kopi yang sudah digiling menjadi bubuk di atas kertas filter. Kemudian baru menuang air panas di atasnya dengan temperatur tertentu.

Pada prakteknya, ada banyak jenis mesin kopi manual yang dijual dipasaran. Apa saja mesin kopi manual itu? Berikut ini macam-macamnya:

Moka pot

Gambar Kopi Moka Pot
Photo by stumptowncoffee

Alat ini dibuat pertama kali tahun 1993 oleh Alfonso Bialetti. Tak perlu daya listrik untuk menggunakan alat ini sehingga termasuk sebagai mesin manual. Mesin ini berasal dari Italia  yang kini dijual dengan harga sekitar 80 ribu hingga 100 ribu rupiah.

Cara menggunakannya adalah dengan mendidihkan air dan kopi terlebih dahulu di atas api kompor. Kemudian air yang mendidih akan memberikan tekanan pada bubuk kopi sehingga bisa memadat dan menembus pada saringan bagian atas. Tekanan uap menjadi fungsi utama pembuatan kopi espresso.

French Press

Gambar Metode Alat Kopi French Press
Photo by coffee-channel

French press tak hanya bisa digunakan sebagai mesin kopi tetapi juga untuk membuat teh. Paling banyak digunakan karena harganya yang lebih murah sekitar 50 ribu hingga 100 ribu rupiah. Biasa digunakan untuk membuat kopi rumahan karena cara menggunakannya yang sangat mudah.

Di dalam mesin terdapat plunger yaitu saringan yang bisa ditekan nantinya untuk memadatkan bubuk kopi. Cara menggunakannya adalah seduh kopi di dalam alat ini dengan air panas selama lima menit. Kemudian tekan plunger yang tadinya sudah ditarik perlahan-lahan. Maka kopi akan memadat ke bagian bahwa dan menghasilkan kopi yang bebas ampas.

Jika kamu menyukai kopi-kopi seperti Arabika Gayo Robusta Lampung bisa memanfaatkan mesin ini. Cara penggunaannya yang mudah tidak membutuhkan listrik membuatnya sangat murah.

Rok Presso

Nama dari mesin ini dulunya adalah Presso, namun kini berubah menjadi Rok Presso. Mesin ini sering dijadikan pengganti mesin Espresso otomatis karena kualitas hasilnya yang sangat mirip. Karena hasilnya yang mirip mesin otomatis, maka sebagai mesin manual harganya cukup murah yaitu sekitar 1 juta rupiah dan paling mahal adalah 5 juta rupiah.

Cara menggunakannya membutuhkan tekanan yang sangat tinggi untuk mengeluarkan ekstrak kopi sama seperti mesin espresso otomatis. Bedanya adalah menggunakan teknik manual yaitu penekanan kedua tuas di kanan dan kiri mesin Rok Presso.

Vietnam Drip

Vietnam drip merupakan alat yang sangat sederhana dan kini banyak digunakan di cafe-cafe. Waktu yang dibutuhkan untuk menciptakan ekstrak kopi agak sedikit lama, namun kualitasnya premium menengah. Jadi tak heran jika alat sederhana ini banyak digunakan di rumah-rumah hingga cafe.

Bentuknya seperti saringan gelas kecil yang nantinya akan diisi dengan bubuk kopi. Saringan akan diletakkan di atas gelas dengan bersisi susu kental manis dan disajikan langsung ke konsumen. Untuk mendapatkan ekstrak maka cukup padatkan bubuk kopi perlahan dan ekstrak kopi akan menetes langsung ke dalam gelas.

Harga dari mesin kopi manual ini adalah sekitar di bawah 50 ribu rupiah. Cukup murah bukan? Jika tak ingin menggunakan susu kental manis, kamubisa membuat kopi lainnya seperti Robusta Lampung.

Aeropress

Aeropress merupakan alat yang termasuk baru karena baru diciptakan tahun 2005 lalu oleh Alan Adler. Ia adalah seorang direktur dari produk olahraga dan mainan. Material mesin ini adalah plastik sehingga ringan dan awet. Cara menggunakan dan bentuknya hampir mirip dengan french press yaitu dengan ditekan dengan plunger.

Bedanya adalah untuk penekanan ini dibutuhkan kertas filter kopi pada bagian plunger supaya tak semua bubuk kopi berhasil dipadatkan. Harga dari mesin ini pun cukup murah yaitu sekitar 200 ribu hingga 300 ribu rupiah.

Siphon

Siphon manual desainnya sangat futuristik dan cara menggunakannya pun tak semudah french press atau Vietnam drip. Metode vakum digunakan untuk menghasilkan ekstrak kopi yang bersih dari ampas. Bentuknya yang unik ini seringkali menjadi daya tarik untuk cafe jadi tak jarang untuk digunakan.

Bentuknya yang unik ini memang menjadi daya tarik, tapi ekstrak kopi yang dihasilkan pun tak kalah menariknya. Perlu waktu yang lama untuk menggunakannya karena proses pemasangan tak bisa dilakukan dengan suhu yang terlalu tinggi. Jika tidak akan membuat tabung kaca pecah.

Bentuknya yang unik dan harganya yang murah membuat alat ini banyak dipilih. Harga satu alat siphon adalah sekitar 300 ribu hingga 400 ribu rupiah.

Jadi manakah mesin kopi manual yang akan kamubeli? Jangan dulu terburu-buru karena kamu masih harus tahu mesin kopi otomatis juga banyak macamnya.

4 Macam Mesin Kopi Otomatis

Mesin manual memang cocok jika kamu ingin meracik kopi sendiri selain itu harganya sangat murah. Namun kelemahannya adalah pembuatannya dalam jumlah terbatas yang membuat kamu harus menunggu lama. Keuntungan menggunakan mesin kopi otomatis adalah kecepatannya dan hasilnya pun juga mampu mengukur hasil ekstrak kopi.

Ada beberapa macam mesin kopi otomatis yang dijual dipasaran, berikut ini jenis-jenisnya:

Mesin Bean To Cup

Merupakan salah satu mesin otomatis yang memiliki banyak sekali pilihan menu. Jika kamu suka mengganti menu kopi setiap hari di rumah, alat ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Pada alat ini, kamubisa memulai dengan menggiling biji kopi kemudian memadatkannya.

Kopi akan langsung dipanaskan dan mampu mengeluarkan ekstrak kopi. Terdapat pilihan menu dalam bentuk tombol sesuai dengan jenis kopi yang ingin dibuat. Tersedia juga pemanas susu bagi kamu yang ingin membuat latte.

Mesin Espresso Professional

Mesin inilah yang akan kamu temukan di cafe yang menunya dibuat oleh para barista. Mesin ini memiliki body yang sangat besar karena itulah yang membuat mesin kokoh. Di dalam satu mesin, terdapat steam boiler baik itu terpisah dan satuan. Cara menggunakan mesin ini juga cukup rumit dan harus dipelajari terlebih dahulu.

Melalui teknik yang rumit tersebut, mesin ini dapat menghasilkan ekstrak kopi dengan kualitas yang sangat tinggi. kamu pun tak perlu khawatir untuk membuat kopi dalam jumlah banyak. Karena bentuknya yang besar, mesin ini juga membutuhkan daya listrik yang cukup tinggi.

Mesin Espresso Otomatis

Bisa dibilang, mesin espresso otomatis ini adalah versi dibawahnya dari mesin espresso profesional. Bodynya juga lebih kecil namun tetap memiliki steam boiler. Pengoperasiannya pun lebih mudah, tak perlu teknik-teknik yang sulit. Jadi kamu bisa menggunakan mesin ini untuk usaha cafe yang skalanya kecil.

Hasil kopi yang diberikan pun akan konsisten selama kamudapat menggunakannya dengan tepat. Bentuknya modern dan memiliki sebutan lain sistem volumetric. Tak masalah juka untuk menggunakan mesin ini dalam intensitas yang tinggi.

Mesin Espresso Semi Otomatis

Gambar Mesin Kopi Espresso Semi Otomatis
Photo by Beanground 

Mesin ini berbeda dengan ketiga mesin di atas karena bentuknya paling kecil sehingga lebih banyak digunakan untuk skala rumahan. Bagi kamuyang sedang belajar membuat kopi layaknya barista bisa memanfaatkan mesin ini. Beberapa fungsi yang dimiliki adalah penakaran kopi sesuai yang dibutuhkan dan memiliki tambahan boiler, lever serta portafilter.

Cara menggunakannya ada dua yaitu dengan kontrol manual atau program. Jika dilakukan secara manual, matikan mesin setelah penuangan yaitu 20-30 detik. Fungsinya untuk menunggu ekstrak kopi selesai dibuat. Sedangkan jika ingin menggunakan program maka cukup mengatur jumlah kopi yang diinginkan. Mesin akan mati sendiri jika jumlah yang diinginkan sudah didapat.

Satu hal yang perlu diingat ketika menggunakan mesin espresso semi otomatis yaitu kamu harus menggiling biji kopi dan memadatkan bubuknya terlebih dahulu. Jadi tak heran jika mesin ini disebut dengan semi otomatis karena proses diawal masih dilakukan dengan cara manual. Jika kamumembutuhkan mesin untuk sekedar hobi di rumah, maka mesin kopi manual yang murah bisa menjadi pilihan. Atau bisa juga memilih mesin kopi semi otomatis sambil belajar menjadi barista.

Setelah mengenali semua mesin kopi manual dan otomatis murah di atas, manakah mesin yang cocok untuk digunakan? Jangan lupa pertimbangkan masalah intensitas penggunaan. Jika ingin digunakan untuk sebaiknya pilih mesin otomatis yang bisa bekerja dengan lebih cepat dan hasilnya lebih banyak. Namun kamu harus merogoh uang lebih dalam perawatannya.