Salam dari Biji Kopi Nusantara

Berlibur ke kota Bandung, kira-kira enaknya ngapain ya? Pergi ke tempat-tempat wisata sudah, mencoba kuliner kaki lima juga sudah, berarti saatnya untuk bersantai. Kamu perlu mencoba nongkrong di cafe-cafe yang banyak dikunjungi oleh mahasiswa Bandung. Bukan sekedar mendapatkan suasana yang nyaman untuk santai tapi juga mencicipi kopi yang menjadi menu andalannya.

Cafe yang ada di Bandung memiliki atmosfer yang berbeda jika dibandingkan dengan cafe di kota-kota besar seperti Jakarta. Lebih banyak cafe yang berada di dataran tinggi sehingga udara yang sejuk masih bisa dirasakan walaupun kotanya sedikit padat. Jadi jangan lupa untuk sempatkan datang ke cafe di Bandung.

Daftar Cafe Populer di Bandung Buat Ngopi

Mana aja sih cafe-cafe recomended yang bisa kamu kunjungi baik di siang hari atau malam hari. Daripada bingung dan nyasar ke cafe yang belum tentu enak untuk dikunjungi, kamu bisa memilih atau bahkan mengunjungi semua cafe dari daftar berikut ini.

Sejiwa Kopi

Gambar Cafe Sejiwa Kopi
Photo by Pergidulu

Tempat ngopi pertama yang wajib kamu kunjungi di Bandung adalah Sejiwa Kopi yang tepatnya berada di Jalan Progo no. 15 Riau Bandung. Tempat ini cukup ramai dikunjungi dan tempatnya pun cukup besar berlantai dua yang instagramable banget. Dinding bangunan yang terbuat dari kaca membuat kamu bisa melihat pemandangan kota Bandung dari dalam.

Cafe ini buka dari jam 7 pagi sampai jam 11 malam, jadi kapanpun kamu mau bisa berkunjung kesini. Menu yang paling banyak diminati karena rasanya yang enak adalah es kopi susu. Bagi kamu pecinta kopi pasti akan suka karena rasa kopinya lebih strong daripada rasa susu. Tapi bagi kamu yang tidak terlalu suka kopi bisa nyobain ice caramel machiato yang rasanya lebih creamy.

Sambil minum kopi kamu bisa nih mencoba pastry atau cheesecake yang juga menjadi menu andalan untuk anak nongkrong Bandung. Ada menu nastar cheese cake, velvet cheese cake hingga mille crepes yang lagi hits.

Dreezel Coffee

Cafe Unit Bandung Dreezel Coffee

Kalau yang satu ini bisa kamu datangi saat sore hari karena tempatnya yang outdoor udara akan lebih sejuk jika sore hingga malam. Tapi kurang disarankan didatangi kalau musim hujan karena konsep tempat ini adalah outdoor. Walaupun begitu banyak juga loh yang membeli take away, karena rasa kopi di cafe ini sangat enak ditambah lagi harganya murah.

Tempatnya memang gak terlalu besar tapi nyaman buat kamu yang tidak ingin ke tempat yang terlalu penuh. Lokasi tepatnya ada di Jl. Cisangkuy No. 56, Cisangkuy, Bandung. Keunikan disini adalah konsep cafe di halaman parkir dengan kedainya di pos satpam. Bangunannya masih bangunan Belanda, jadi kesan jadulnya sangat terasa.

Menu andalan yang banyak disukai disini adalah cold brew dan ice mocha yang cukup manis dari gula aren. Sedangkan jika kamu ingin merasakan kopi yang lebih terasa bisa mencoba hot cappucino atau Japanese malabar. Tempat ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam ya.

Blue Doors

Cafe Unik di Bandung Blue Doors
Photo by thenextcitiessunveiled

Nah kalau yang satu ini ada tempat indoor dan juga outdoornya. Berada di Jl. Alkateri No. 1, Banceuy, Bandung, tempat ini baru buka pukul 10 pagi sampai 9 malam. Menu-menunya dibawah 50 ribu jadi cukup terjangkau. Caffe ini memiliki desain interior industrial dan klasik jadi sangat cocok bagi kamu dan kawan-kawan yang ingin berfoto.

Sedangkan menu kopi yang paling rekomended disini adalah magic coffee karena rasa kopinya yang kuat. Bagi kamu yang tidak suka dengan kopi juga ada menu lainnya yang unik yaitu chai latte. Minuman ini merupakan perpaduan black tea, jahe, kayu manis dan juga susu.

Cafe ini juga menyediakan macam-macam sandwich dengan begel, baguette, hingga burger. Ada juga makanan ringan seperti croissant dan puff. Untuk pergi kesini pastikan kamu naik motor karena lokasinya yang masuk gang sempit.

Lacamera Coffee

Cafe Unik di Bandung Lacamera Coffee
Photo by whatsnewindonesia

Cafe ini bukanya agak sedikit siang yaitu jam 10 pagi dan tutup jam setengah sebelas malam. Tempatnya cukup luas dan pada lantai dua, kebanyakan yang datang rombongan dan sudah disediakan meja dan kursi untuk yang cukup banyak. Alamat coffee shop ini berada di jalan Jl. Naripan No. 99, Naripan, Bandung.

Bangunan cafe ini sebenarnya adalah gedung tua namun dipugar dan disulap menjadi tempat nongkrong kekinian yang banyak dikunjungi. Interior cafe mengacu pada desain industrial, vintage serta rustic, so udah pasti tempatnya instagramable. Jam berapapun bisa kamu pilih untuk mengunjungi tempat ini karena dijamin nyaman.

Nah untuk menu kopinya ada banyak varian, tapi yang paling direkomendasikan adalah cappuccino baik itu yang hot maupun ice. Kabar baiknya, disini gak hanya disediakan menu lain seperti cake tetapi juga ada menu makanan berat seperti pasta dan nasi.

Armor Kopi

Cafe Unik di Bandung Armor Kopi
Photo by pergidulu

Di Bandung, cafe dengan menu kopi yang paling terkenal adalah Armor kopi. Ada dua Armor kopi di Bandung, yang pertama ada di Jalan Legok Randu dan satunya di Jalan Bukit Pakar. Nah yang akan dibahas disini adalah Armor Kopi di Jalan Legok Randu no. 46 Dago Atas Bandung.

Bisa dibilang tempat ini adalah pelopor coffee shop di Bandung, jadi hampir semua anak muda Bandung pasti mengetahuinya. Konsep garden diterapkan pada cafe ini yang selalu membuat pengunjung menjadi betah. Kalau mau datang kesini harus jam 10 karena cafe baru saja buka dan tutup jam 10 malam.

Menu kopi yang paling direkomendasiin disini adalah es kopi susu dengan perpaduan kopi dan susu yang balance. Kopi disini dibuat dengan manual brew, jadi kamu perlu menunggu sedikit lama. Menu unik lainnya adalah snack yang merupakan jajanan Bandung seperti bala-bala, cireng, tahu cabe garam dan masih banyak lagi.

Hi, Brew! Coffee & Eatery

Cafe Unik di Bandung Hi, Brew! Coffee & Eatery
Photo by Pergidulu

Bagi kamu yang sedang mencari ketenangan saat liburan cobalah datang ke Hi, Brew! Coffee & Eatery. Lokasinya ada di Jl. Boscha No. 43, Cipaganti, Bandung. Semua pengunjung yang baru datang akan selalu disapa oleh para karyawan dengan sebutan Hi, Brew. Mahasiswa Bandung yang datang kesini biasanya mengerjakan tugas atau skripsi jadi udah pasti tempatnya tenang.

Suasana homey di cafe inilah yang membuatnya serba nyaman. Lalu bagaimana dengan kopinya? Hot cappuccino adalah kopi yang harus kamu coba jika ingin nongkrong lebih lama. Rasa kopinya terasa namun tidak terlalu asam jadi aman bagi kamu yang memiliki asam lambung. Untuk minuman dingin kamu bisa coba Hi brew soda coffee atau ice coffee latte.

Kamu juga bisa mencoba menu signature dari cafe ini yaitu Hi coconut latte dan Hi coffee doger. Menu pendamping kopi yang bisa kamu cobain adalah aneka cakes dan croissant.

Two Hands Full

Cafe Unik di bandung To Hands Full
Photo by Otten Coffee

Nama yang unik untuk sebuah coffee shop, tapi sesuai loh dengan konsep yang dibuat. Ketika kamu masuk ke cafe yang beralamat di Jl. Sukajadi No. 198A, Sukajadi, Bandung ini akan disuguhkan dengan interior industrial yang eye catching. Ditambah lagi menu infused water yang bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma.

Plang cafe yang sangat kecil membuat kamu harus pelan-pelan jika ingin mengunjunginya. Di dalam kamu akan mendapatkan tempat yang nyaman, bersih serta pelayanan yang ramah. Untuk kopinya, cobalah memesan hot cappuccino atau picollo. Menu selain kopi yang sangat terkenal adalah cold choco.

Selain ngopi tempat ini menyediakan banyak sekali menu brunch, tetapi hati-hati karena gak semuanya halal. Jika ingin menu halal kamu bisa mencoba Omega Lovers atau Eggs in Hell yang merupakan menu berbahan telur, sayur dan aneka bread. Oiya jam buka tempat ini adalah jam 8 pagi sampai jam 10 malam.

Jack Runner Roastery

Cafe Unik di Bandung Jack Runner Roastery
Photo by PergiKuliner

Kalau yang satu ini sudah cukup terkenal dan ditangani langsung oleh barista bernama Mr. O. Tempat ini juga tenang karena lokasinya yang agak sedikit masuk di Jalan Panjaitan No. 34, Sunda, Bandung. Bagi kamu yang mencari ketenangan sudah pasti ini tempatnya. Parkirannya juga luas, jadi jika kamu ingin datang bersama rombongan boleh-boleh saja.

Tema desain yang diusung masih sama seperti coffee shop kekinian yaitu desain industrial tapi lampu disini cukup terang jadi pastinya nyaman untuk nongkrong di siang atau malam hari. Coffee shop ini buka dari pukul 8 pagi jingga 10 malam.

Menu kopi yang disediakan disini hampir semuanya populer mulai dari hot dan iced caffeine seperti espresso, piccolo, cappuccino, mochacinno, affogato, dll. Ada juga menu fruity coffee dan minuman dengan cheese. Menu minuman lainnya masih cukup umum mulai dari teh, milkshake dan jus. Untuk makanannya cukup bervariasi seperti bread hingga aneka pasta.

Roemah Kopi

Cafe Unik di Bandung Roemah Kopi
Photo by KlikHotel

Jika kamu bosan dengan tema coffee shop kekinian, cobain deh untuk datang ke Roemah Kopi di Jl. Terusan Rancakendal No. 7, Dago Atas, Bandung. Tempat ini memiliki desain interior klasik Jawa dan inilah yang membuatnya berbeda. Karena bertema klasik bukan berarti pengunjung yang datang orang tua saja, banyak juga anak muda yang menyeruput kopi disini.

Jam buka lebih lama yaitu dari jam 9 pagi hingga jam 11 malam. Di beberapa sudut ruangan disediakan bale-bale yang bisa digunakan pengunjung untuk rebahan. Bangunannya sendiri terdiri dari dua lantai dan sangat luas, jadi jika ramai pun pengunjung tak akan merasa sesak.

Menu kopi juga sesuai dengan konsep kafe, kamu bisa memesan aneka kopi Indonesia seperti kopi Toraja, Lampung, Wamena, Luwak, Gayo, Mandailing atau kopi lanang. Semua menu kopi ini masih ramah kantong loh. Sedangkan menu snack dan makanannya sangat variatif. Kebanyakan pengunjung sangat suka dengan menu makanan Indonesia seperti nasi goreng atau sup buntut bakar.

Kopi Selasar Sunaryo

Cafe Unik di Bandung - Kopi Selasar Sunaryo
Photo by PergiKuliner

Ingin menikmati suasana tempat ngopi yang berbeda? Kamu perlu berkunjung ke Kopi Selasar Sunaryo. Tempat ini merupakan bagian dari galeri seni Sunaryo Bandung, yang alamatnya di Jl. Bukit Pakar Timur No. 100, Dago Atas. Atmosfer yang dirasakan sangat asri karena banyak pepohonan karena konsep dari tempat ini outdoor.

Menu kopi yang paling favorit disini adalah kopi selasar yang merupakan perpaduan kopi, jahe, susu serta foam. Namun jika kamu kurang suka bisa mencoba menu favorit lainnya yaitu capucino dan moccacino baik itu hot atau iced. Menu makanan ringannya juga ada seperti peyeum stick yang khas.

Jika ingin mencoba hidangan yang berat, kamu bisa memesan Tom Yum, Asam-Asam Iga, atau menu Tuna. Tempatnya cukup luas dan tidak terlalu penuh jadi kamu bisa menikmati semua hidangan dan kopi dengan lebih nyaman.